Blog kita Di Copas Orang lain Mari TakeDown

Blog kita Di Copas Orang lain? Tenang Jangan Panik Sini !!

mengatasi artikel dicopas
Si tukang copy paste konten blog atau artikel blog sesorang memang tidak akan punah didunia blogging. Mereka adalah sejenis spesies yang sulit di musnahkan dan tidak ada obat maupun solusi yang jitu untuk mengatasinya.


Rasanya di copas itu bagaikan disunat untuk kedua kalinya Coba bayangin rasanya pasti sakit banget kan? (Habis donk disunat dua kali ??). untuk para wanita pasti tidak bakalan tau rasanya disunat. Bayangin aja seperti kamu melahirkan 5 bayi kembar sekaligus

Mengapa bisa sesakit itu?
Karena buat konten atau artikel blog itu butuh perjuangan sobat. memikirkan apa yang harus ditulis, mempraktikkan tutorial sampai berhasil 100% jika kita membuat konten tutorial, research keyword di keyword planner, mengecek word count apakah sudah 300 kata apa belum, memberikan gambar biar jelas dan menarik, mengedit gambar untuk thumbnail agar semakin menarik. modal kuota untuk menulis, share dan lain-lain

Apalagi saya hanya menulis artikel blog di handphone. sangat susah menurut saya ngeblog di handphone. yang sering saya alami adala typo alias salah ketik saat menulis artikel. makanya saya selalu membaca-bacanya lagi agar menjadi artikel yang sempurna.

Dan ada orang yang tega mencopy paste artikel saya tanpa ijin maupun mencantumkan sumber link. Jujur saya sangat sedih dan marah jika saya diperlakukan seperti itu. dan artikel saya yang dicopas tidak hanya satu atau dua. tetapi lebih dari 10 artikel. bayangkan betapa kejamnya orang itu. Sama sekali tidak menghargai yang saya buat di Blog ini. Saya sudah pernah ketiga kali ini di copy paste tanpa menyantumkan sumbernya dan mencopasnya dalam jumlah yang banyak (artikel).

Dan mau tidak mau saya harus memaafkan perbuatan pencopas ini . Karena salah satunya adalah teman saya :v . Jadi saya tidak mau merusak pertemanan gara-gara hal konyol mencopy paste artikel saya tanpa ijin dan mencantumkan sumbernya. Dan menurut agama juga tidak baik saling bermusuhan karena menyebabkan sikap iri dan dengki. Dan pada akhirnya kami masih berteman seperti biasa hahaha :v

Padahal saya itu sudah memasang css anti copas. memang hal itu belum tentu artikel saya tidak bisa dicopas. tetapi tidak ada salahnya saya memasang css ini untuk jaga-jaga. tetapi maling jaman sekarang memang makin canggih-canggih dan pintar-pintar. css saya tidak membuat mereka menyerah untuk mendapatkan artikel dengan cara yang instant.

Ketahuilah teman-teman, Artikel instan alias copas itu tidak akan disetujui oleh Google. jika misalnya si tukang copas ini mendaftarkan blognya ke adsense maka secara langsung pada tahap review akan ditolak mentah-mentah karena konten tidak memadai. ya iya lah karena kontennya berisi konten copy paste , dan google adsense juga tidak segan-segan melakukan Banned Permanent kepada blog tersebut. 

Google juga tidak akan mengindex artikel yang isinya copy paste. maka percuma saja si tukang copas melakukan hal ini. karena artikel yang dicopas ini tidak akan muncul di halaman google. percuma pokoknya percuma. bukannya nambah views malahan nambahin dosa karena melanggar hak cipta.

Bagaimana cara menyikapi si tukang copy paste ini sobat?

Setiap orang berbeda-beda dalam menyikapinya. Tetapi saya mempunyai saran untuk menyikapi si tukang copas ini dengan adab dan etika yang baik.

1. Menghubungi si tukang copas dan menegurnya .

Hal pertama adalah santai dulu, jangan langsung marah-marah sendiri tak jelas. cobalah menghubungi si tukang copy paste ini, entah melalui contact us atau langsung di kolom komentar blognya.


Tegurlah dia untuk tidak mencopy paste sembarangan artikel orang. Mintalah untuk mencantumkan source atau sumber artikel yang dia copas, dan selanjutnya

2. Tunggu


Tunggu sampai setidaknya dua hari. Selama dua hari ini pantaulah blog si tukang copas, apakah dia sudah mencantumkan sumber link atau menghapus artikel atau konten blog hasil copas.kalo ngeyel? hmm mari kita take down

3. Mengancam si tukang copas

Jika belum lakukan ancaman kepada blog si tukang copas. Berikan waktu perpanjang setidaknya 1 jam dan apabila dia belum mencantumkan sumber link atau belum menghapus artikel hasil copas hal yang harus dilakukan lagi adalah

4. Melaporkannya ke google dmca

Melaporkan hal ini pada google dmca. Google dmca adalah ibarat polisi online yang menangani laporan konten yang tidak semestinya di dalam internet atau mesin pencarian google. Konten yang ditanganinya berbagai macam. Salah satunya konten yang melanggar hak cipta alias konten atau artikel copas.

Saya pernah melaporkan suatu blog karena melanggar hak cipta. Dmca ini tidak langsung menanggapi laporan saya tetapi setelah beberapa hari kemudian, saya mendapatkan email dari dmca. Yang isinya adalah laporan saya telah di setujui.

Tetapi setelah saya pantau lagi google dmca belum menghapus konten blog yang copas tadi. Tetapi malah entah membannednya atau apa. Blog si tukang copas ini sudah tidak aktif lagi memposting artikel. Bahkan saya pantau terus sampai sekarang dia masih belum update artikel.

Mungkin blognya sudah di banned sama google dmca. Tukang copas ini sudah tidak bisa mengakses blognya lagi karena sudah terkena banned akibat banyak sekali artikel hasil copas yang ada di blognya

Cara melaporkan hal ini ke dmca kalian bisa mencari tutorialnya di google. Saya sedikit malas untuk membuat tutorialnya, karena di luar sana sudah banyak yang membuatnya ??

Ternyata google dmca tidak main-main. Hukuman dan sanksi dmca nyata sobat. Makanya jangan berani-berani kamu sembarangan copy paste artikel blog orang bila blog kamu tidak ingin terkena imbasnya.


Sikap seorang blogger itu tentu berbeda-beda. Ada yang membiarkan saja walau artikelnya dicopas, ada yang marah-marah bila artikelnya dicopas, ada yang langsung melaporkannya ke pihak dmca, dan sebagainya.

Yang terpenting adalah jangan asal copas ya teman-teman. Walaupun copas cantumkan source atau sumber. Tetapi alangkah baiknya kita membuat sendiri artkel blog kita sendiri.

Ngeblog itu melatih seseorang dalam mengolah kata-kata. Dan juga mengajarkan kita untuk menjadi penulis. Tahukah kamu? penulis terkenal raditya dika juga berawal dari ngeblog. Dan sekarang dia sudah sukses berkat tulisan-tulisannya yang menarik yang telah dia bukukan menjadi sebuah novel Dan juga dibuat film

Hal yang positif pasti akan manis hasilnya. Ingat ! HASIL tidak akan  menghianati PROSES. Proses yang baik juga nantinya kita akan mendapatkan hasil yang baik pula.

Maaf bila postingan saya sedikit berisi tentang curhat ??. Karena Cara ngeblog menjadi asyik adalah dengan sedikit curhat.

Happy blogging sobat. Dan share artikel ini untuk menghentikan si tukang copas ??



0 Response to "Blog kita Di Copas Orang lain Mari TakeDown"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel